Friday 28 August 2015

Perlukah Memiliki Sertifikasi IT Security?

Tags

Perlukah Memiliki Sertifikasi  IT Security?

Perlukah keberadaan sertifikasi keahlian IT security di perusahaan atau pribadi?
                Keahlian IT security dan lainya saat ini hanya bisa dibuktikan dengan sertifikat keahlian. Nah, untuk mengetahui sejauh mana kebutuhan dan peluang sertifikasi  keahlian IT security ini, penulis akan mengulasnya di bawah ini.
                Sertifikat keahlian merupakan bukti resmi dari sebuah Lembaga sertiikasi profesi (LSP) kepada seseorang dalam hal keahlian dibidangnya, sebagai contoh:  jika sesorang memiliki sertifikat keahlian “security analyst”, dapat di pastikan orang yang memegang sertifikat tersebut memeliki keahlian diatas rata-rata orang kebanyakan dalam hal sekuriti.
                Parameter keahlian seseorang saat ini hanya biasa di buktikan dengan sebuah sertifikat. Di dalam sertifikat, akan di tampilkan nama pemegang sertifikat, nama keahliannya,tanggal atau jam pengambialan ujian sertifikasi,nama lembaga penerbit sertifikasi, penanggung jawab lembaga (Presiden/instructor), tanda tangan validasi lembaga dan nomor sertifikat/barcode.
                Ada sepuluh alasan mengapa sertifikat keahlian IT security ini perlu diambil oleh seorang IT workers .alasan ini antara lain:
1 pemenuhan pendidikan yang telah di capai.
                Serangkaian kegiata positif terakumulasi memberikan kepuasan kepada seseorang. Berbagai upaya dilakukan untuk pembelajaran dan perluasan pertumbuhan pribadi melalui pendidikan yang solid untuk meningkatkan prestasi lebih profesional. Secara umum dua prestasi yang sangat membanggakan seseorang pekerjaan dan pendidikan.
2. Validasi. Sertifikasi melakukan validasi dan penegasan terhadap etos kerja untuk mengejar kesuksesan seseorang. Menurut survei “IDG Research”, para IT Leader saat ini sedang berjuang untuk menemukan jati diri yang berkualitas. Karena itu, seseorang yang berserti fikat di pandang akan lebih ter validasi di banding yang lain. Penelitian lebih lanjut menunjukan bahwa sebanyak 8 dari 10  profesional percaya bahwa setifikasi TI akan lebih berguna dan sangat penting selama beberapa tahun mendatang di berbagai organisasi.
3. pesiapan.sertifikasi adakah cara yang paling murah  untuk menunjukan kepada perusahaan tentang kemampuan seseorang yang up to date. Banyak sekali hambatan untuk melanjutkan pendidikan dan biaya merupakan salah satu kendala.proses sertifikasi relatif lebih murah dibanding dengan perguruan tinggi dan universitas pilihan.hal ini akan meningkatkan peluang perusahaan untuk memilih anda. Sertifikat yang tepat akan menguntungkan dan sangat membantu anda dalam pekerjaan .
4. nilai. Sertifikasi meningkatkan daya jual pribadi sesorang dan nilai ribadi tersebut kapada calon perusahaan. Dalam survei ilmia dari 1.700 SDM dan eksekutif TI, sebagian besar manajer rekrutman menilai sertifikasi TI memiliki nilai sangat tinggi untuk melakukan validasi keterampian dan keahlian para pelamar.
5. menjadi syarat perekrutan. Kandidat pelamar pekerjaan menjadi orang pilihan dan akan mendapatkan prioritas dalam proses rekrutman karena memiliki sertifikat dan keahlian yang diharapkan oleh organisasi tersebut. Sebuah survei yang baru saja dilakukan oleh “IT Job Board” mengunkapkan bahwa sebanyak 75% para recruiter percaya bahwa para kandidat IT dengan kualifikasi dan bahkan akan memiliki peluang lebih baik dan lebih aman baginya karena memegang sertifikasi. Dua top technology recruiting  company seperti “DICE” dan “INDEED” mencantumkan dipengumuman sejumlah job listing bahwa mereka akan memanggil kandidat yang memiliki sertifikasi.
6 Keuangan. Seorang yang memiliki sertifikasi potensial memiliki tambahan pendapatan karena adanya sertifikasi. Sebagai contoh di perusahaan besar, karyawan yang memiliki sertifikasi “ethical hacking” akan mendapat tambahan bonus sebesar sembilan belas persen dalam renumerasi gajinya pertahun. Tentu saja perusahaan akan melakukan seleksi yang ketat terhadap keberadaan sertifikasi ini, misalnya melihat provider sertifikasi, proses belajar mengajar dan nilai yang didapatkan saat mengikuti ujian sertifikasi, serta keabsahan lembaga maupun lembaran sertifikat tersebut. Biasanya pekerjaan sehari-hari, job skill dan posisi karyawan yang memegang sertifikasi tidak jauh dari sertifikasi yang dipegang.
7 Memudahkan seleksi. Perusahan yang akan merekrut calon karyawan yang akan bekerja di bidang khusus dan keahlian khusus sudah memiliki bayangan dan keahlian terhadap job skill yang akan ditempatinya. Sebagai contoh yang akan melakukan implementasi virtualisasi server, perusahaan akan merekrut karyawan yang sudah memiliki keahlian “virtualisasi server professional”. Dengan membatasi lamaran posisi yang akan ditempati/harus sesuai bidang dan memilki sertifikasi, perusahaan sudah memilki anggaran khusus untuk mengembangkan virtualisasi ini, baik hardware, software dan brainware.
8 Keahlian. Perusahaan saat ini cenderung menghargain sertifikasi ,keahlian dan pengetahuan seorang karyawan.Saat masa-masa sulit, dimana seorang karyawan di rekrut,di didik dan di latih sampai memiliki keahlan khusus dan sertifikasi dengan biayaya yang cukup besar membuat peusahaan berpikir serbu kali untuk melepas karyawan yang sudah ahli.Maka saat ini perusahaan memelihara karyawan yang sudah ahli dengan menmbah keahlian khusus tersebut dalam pelatihan advanced dan memberikan renumerasi yang kebih tinggi dari renumerasi mereka dipasar bursa kerja.Posisi dan karier mereka di perusahaanpun akan di prioritaskan di banding yang tidak memiliki sertifikasi
9 Promosi.Sertifikasi membuka jalan untuk mencari karier baru,peningkatan kerja dan kemajuan bagi seseorang di perusahaan .setifikasi merupakan sebuah cara bagi profesional TI untuk dapat menangkap peluang dan tren saat ini di dunia teknologi TI ,membangun resume TI yang telah di miliki dan sangat membuka jalan untuk mendapat pekerjaan baru sebanyak 84% profesional beranggapan bahwa dengan memegang sertifikasi industri akan meningkatkan kesempatan kerja mreka di dalam perusahaan.
Dalam posisi saat ini,seorang karyawan cenderung akan memperbaiki diri sendri di posisi penting di dalam perusahaan . Karena itu,pilihlah training dan sertifikasi dengan spesialisasi yang di minati.Keahlian memecahkan masalah dan kepemimpinan merupakan nilai yang cukup besar bagi TI.Makin ahli dan komprehensif sebuah setfikasi , akan makin besar kemungkinan untuk merai karier dan menapaki tangga yang akan di lalaui.
10 Profesional.Sertifikasi akan sangat membantu dan merupakan akses yang unik bagi seorang group profesional saat ini beredar di media sosial seperti linkedln,group ini akan menjadi media dan jembatan bagi profesi seseorang menuju profesionalitas . Bila seseorang memiliki pengetahuan dan ketertarikan,media sosial ini sangat tepat sebagai forum untuk berbagi.Di samping itu,forum ini akan mempermudah perusahaan mencari karyawan yang profesional dan sebaliknya.Profesional di sini berarti “keahlian dan kemampuan seserang dengan jam terbang cukup dalam profesinya dan divadilasi dengan sertifikasi yang usah di milikinya”.


EmoticonEmoticon