Monday 31 August 2015

Peran Dan Perjuangan Soekarno Di Masa Penjajahan Jepang

Tags

“Peran Dan Perjuangan Soekarno Di Masa Penjajahan Jepang”

Kamu tentu tahu kan dengan sosok  Soekarno?  Ya itu lah sosok seorang yang bisa  juga di sebut dengan pahlawan di Indonesia. Bayangkan saja beliau walaupun sedang sakit tapi semangatnya tidak pernah padam, demi memerdekakan Indonesia. Perang demi perang telah diluncurkan oleh Jepang ke Indonesia,  Indonesia pun ketika itu di pimpin oleh Soekarno hampir tidak kewalahan melawan Jepang. Sejumlah tokoh nasionalis Indonesia banyak yang menggunakan kesempatan pendudukan jepang untuk mencapai kemerdekaan Indonesia.  Banyak di antara mereka yang menduduki jabatan-jabatan dalam lembaga yang di bentuk jepang.
Misalnya, Ir. Soekarno, Moh. Hatta, Ki Hajar Dewantara, dan tokoh-tokoh lainnya yang menduduki pimpinan Pusat  Tenaga Rakyat (Putera). Mereka dikenal dengan sebutan “empat serangkai”. Putera merupakan sebuah organisasi yang di bentuk oleh Jepang  pada bulan Maret 1943, yang tujuannya untuk menggerakan rakyat Indonesia untuk mendukung peperangan jepang menghadapi sekutu. Melalui organisasi ini  para pemimpin Indonesia dapat berhubungan langsung dengan rakyat, baik melalui rapat-rapat maupun media massa milik jepang.
Tokoh-tokoh putera ini memanfaat organisasi tersebut untuk menggembleng mental dan membangkitkan semangat nasionalisme, menumbuhkan rasa percaya diri, serta harga diri sebagai bangsa. Pada saat penggemblengan itulah Ir. Soekarno selalu menyisipkan penanaman jiwa  dan semangat nasionalisme, pentingnya persatuan dan kesatuan serta keberanian berjuang dengan risiko apapun untuk menuju Indonesia merdeka. Indonesia memanfaatkan organisasi ini untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan, maka jelas bahwa rakyat Indonesia tidak bodoh untuk dibohongi oleh jepang.
Nah, itulah sosok para pemimpin di Indonesia pada waktu Indonesia di jajah oleh Jepang, dan salah satunya adalah  Soekarno,  setelah melewati sebuah peperangan yang pada waktu itu melawan Jepang, dan akhirnya berkat Ir. Soekarno yang selalu memberikan motivasi kepada rakyatnya, Indonesia pun telah merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945. Dan rakyat pun sangat antusias, semua bergembira. Dan yang paling menyedihkan pada saat Ir. Soekarno sedang jatuh sakit terus waktu itu sebuah proklamasi akan dibacakannya oleh beliau, pada tanggal 17 Agustus 1945  beliau pun membacakan naskah proklamasi tersebut walaupum sedang sakit. Dan setelah di bacakannya naskah tersebut akhirnya Indonesia merdeka pada waktu itu juga.
Tugas kita sekarang, ingatkanlah sosok Ir. Soekarno pada waktu dulu yang pernah mengorbankan nyawa demi Indonesia, sehingga Indonesia terbebas dari penjajah. Dan patut kita contoh semangatnya yang tak pernah padam untuk membela yang benar, dan kita harus  mencontohnya, kita pun harus memanfaatkan Negara kita dengan sebaik mungkin, karena untuk memerdekakan Negara itu tidak lah mudah butuh pengorbanan untuk terbebas dari penjajah.


EmoticonEmoticon