Monday 31 August 2015

Seandainya Aku Menjadi Pemuda Di Masa Penjajahan Jepang

Tags

 “Seandainya Aku Menjadi Pemuda Di Masa Penjajahan Jepang”

Pernahkah kamu menginginkannya untuk menjadi pemuda di masa penjajahan jepang? Jikalau jawabannya Ya, lalu apa yang akan kalian lakukan ketika itu.? Pastinya kalian ingin membantu rakyat Indonesia untuk bisa terhindar dari para Penjajah. Sekolompok pemuda memang sangat di butuhkan pada waktu itu, seperti halnya soekarno yang pada waktu itu menjadi seorang pemuda. Bahkan bukan hanya menjadi seorang pemuda saja selain menjadi pemuda beliau pun telah menjadi pemimpin pemuda pada waktu Indonesia di jajah oleh Jepang.
            Kelompok pemuda ini memegang peranan penting bagi Indonesia, apalagi kalau kita melihatnya dalam jumlah yang cukup banyak. Kalau menurut jepang, pemuda pada waktu itu dinilai yang sangat dibutuhkan sekali oleh Jepang, bahkan jepang menilai para pemuda apalagi yang tinggal di pedesaan, belum terpengaruh oleh pikiran orang barat. Mereka secara fisik cukup kuat, semangat, dan pemberani. Sehingga di butuhkan sekali pemuda yang berasal dari pedesaan tersebut, oleh karena itu perlu dikerahkan untuk membantu memperkuat posisi Jepang dalam menghadapi peperangan melawan Negara-negara yang cukup besar. Maka pemuda dijadikan sasaran utama bagi propaganda Jepang.
            Dengan adanya semboyan Jepang, Indonesia sama saja, jepang saudara tua Indonesia dan itu menjadi ketertarikannya oleh kalangan pemuda. Pernyataan tersebut tentang persamaan, dinilai sebagai suatu perubahan baru dari keadaan di masa Belanda yang begitu diskriminatif.  Jepang juga telah melatih pemuda  untuk menjadi pemuda yang di siplin, dan harus memiliki semangat juang yang sangat tinggi, bahkan menjadi kesatria yang tinggi. Sesuai dengan sifat pemuda yang memiliki semangat juang yang tinggi, maka yang ditekankan kepada pemuda adalah semangat dan berjiwa kesatria. Selain itu juga dikembangkan jiwa disiplin dan menghilangkan rasa rendah diri. Salah satu cara untuk menerapkan nilai-nilai tersebut kepada para pemuda adalah dengan mendidiknya atau juga dengan pendidikan, baik pendidikan umum maupun pendidikan khusus. Pendidikan umum seperti halnya dengan mengadakannya sekolah dasar dan sekolah menengah. Untuk dapat membantu jepang dalam peperangan.
Maka dari itu kita sebagai pemuda Indonesia, janganlah patah semangat dan gapailah cita-cita. Selain menggapai cita-cita, kitapun harus mencotoh para pemuda di masa Soekarno, mereka tidak pernah patah semangat, selalu disiplin, dan berjiwa kesatria, hilangkan lah rasa rendah diri untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya. Sebagai para pemuda pada masa penjajahan Jepang, kita hanya memiliki cita-cita yang luhur yakni. Indonesia merdeka dengan Indonesia merdeka kita terbebas dari penjajahan Jepang. Kita akan menjadi Negara yang merdeka. 


EmoticonEmoticon